Refleks Neonatal

Refleks adalah respons terhadap stimulus dan itu terjadi tanpa pikiran sadar. Contoh refleks dewasa termasuk menarik tangan Anda dari kompor panas dan menyentakkan kaki bagian bawah ketika area di bawah tempurung lutut Anda disadap.

Bayi dilahirkan dengan refleks unik yang dapat memberi tahu dokter tentang kesehatan dan perkembangan mereka. Dalam menit pertama setelah kelahiran, perawat dan dokter menilai refleks ini.

Apa jenis refleks neonatal?

Beberapa refleks dari bayi terakhir sampai dewasa. Ini termasuk refleks muntah, yang menyebabkan tersedak ketika tenggorokan dirangsang. Namun, refleks lain adalah unik untuk bayi, dan mereka biasanya tumbuh dari refleks ini dalam beberapa bulan setelah lahir. Refleks-refleks ini termasuk:

    refleks leher tonik asimetris
    Refleks Babinski
    pegang refleks
    Moro atau refleks mengejutkan
    rooting refleks
    langkah refleks
    incurvation trunkal atau refleks Galant

Beberapa refleks ini dapat dicatat segera setelah lahir. Jika orang dewasa mengalami cedera otak, mereka mungkin menunjukkan refleks bayi sekali lagi. Contoh cedera yang menyebabkan gejala-gejala ini termasuk kerusakan otak dan stroke.
Bagaimana refleks neonatal diuji?

Tes untuk refleks neonatal memeriksa apakah bayi bereaksi dengan tepat terhadap rangsangan tertentu.
Refleks leher tonik asimetris

Bayi menunjukkan refleks tonik leher asimetris ketika mereka berbaring dan kepala diputar lembut ke samping. Ini menyebabkan bayi mengambil posisi “anggar”. Ini berarti jika kepala diputar ke kiri, lengan kanan melenturkan dan lengan kiri mencapai langsung dari tubuh dengan tangan sedikit terbuka. Jika kepala bayi diputar ke kanan, bayi akan mengambil posisi yang berlawanan.

Refleks Babinski

Refleks Babinski diuji dengan membelai bagian bawah kaki bayi, dari bagian atas telapak ke arah tumit. Jari-jari kaki bayi akan menyebar dan jempol kaki akan bergerak ke atas. Pada orang dewasa, kaki dan jari kaki akan menggulung ke dalam.

Pegang refleks

Refleks pegang diuji dengan menempatkan jari di telapak tangan bayi yang terbuka. Bayi harus memegang jari dan bahkan dapat mempertahankan cengkeraman yang kuat pada jari.

Moro refleks

Refleks Moro diuji dengan posisi lembut bayi dalam posisi duduk dengan kepala yang didukung. Profesional yang melakukan tes memungkinkan kepala bayi sedikit mundur ke belakang, dan kemudian menangkap kepala sebelum menyentuh bantal atau alas di belakangnya. Jika ada refleks Moro bayi, bayi akan tampak terkejut dan mengangkat telapak tangannya ke atas, dengan jempolnya keluar. Ketika bayinya tertangkap, bayi akan membawa lengannya kembali ke tubuhnya.

Rooting refleks

Refleks rooting biasanya digunakan untuk mendapatkan latch menyusui. Ketika pipi bayi dibelai, bayi akan berbalik ke arah pipi yang dibelai dan akan membuat gerakan mengisap yang lembut.

Langkah refleks

Penyedia layanan kesehatan menguji refleks langkah dengan memegang bayi tegak dan dengan lembut menyentuh kaki bayi ke permukaan. Bayi akan tampak melangkah atau menari.

Inkontinasi truncal atau refleks Galant

Refleks Galant diuji dengan menggendong bayi dengan posisi telungkup di satu tangan sambil menggunakan tangan yang lain untuk mengelus kulit bayi di kedua sisi tulang belakang. Tulang belakang bayi harus melengkung sebagai respons, menyebabkan kepala dan kaki bergerak ke arah sisi yang sedang dibelai.
Gejala apa yang harus saya hubungi dokter sa
ya tentang?

Refleks-refleks yang kembali setelah mereka pergi sebelumnya mungkin mengkhawatirkan. Jika Anda khawatir tentang perkembangan anak Anda, Anda dapat meminta dokter untuk memeriksa refleks ini.

Semua refleks yang disebutkan di atas hadir sejak lahir dan normal. Anda tidak perlu melakukan apa pun untuk membantu mereka berkembang atau pergi. Anda mungkin akan memperhatikan sebagian besar dari mereka dalam interaksi sehari-hari Anda dengan bayi Anda, dan mereka dapat menyenangkan untuk diperhatikan. Seiring waktu, refleks secara alami akan menghilang. Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda melihat ada gerakan atau refleks yang tidak tampak normal bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar