Bagaimana Mengenalinya Jika Gigi Bayi Anda Berada di Urutan yang Benar

Letusan gigi bayi adalah bagian dari perkembangan normal anak Anda. Bahkan, pada saat bayi Anda berusia 3 tahun mereka akan memiliki 20 gigi! Tak perlu dikatakan, mereka akan mendapatkan sebagian besar gigi utama mereka (“bayi”) selama beberapa tahun pertama kehidupan.

Biasanya, bayi dilahirkan dengan "tunas" pada gusi. Ini adalah area di mana 20 gigi ini akhirnya akan meletus dan berkembang. Namun, ada beberapa kasus di mana proses ini tidak berjalan sesuai rencana. Mungkin gigi bayi Anda tidak meletus dalam urutan yang benar, atau mungkin Anda melihat penundaan yang signifikan.

Setelah Anda tahu apa yang harus dicari, penting untuk menghubungi dokter anak atau dokter gigi anak Anda jika Anda memiliki kekhawatiran.
Orde Tooth Eruption

Ada lima jenis gigi yang akan dikembangkan bayi Anda selama tiga tahun pertama. Urutan bayi Anda mendapatkan gigi mereka adalah sebagai berikut.

    gigi seri sentral (gigi depan)
    insisivus lateral (antara insisivus sentral dan kaninus)
    molar pertama
    gigi taring (di samping geraham depan)
    geraham kedua

Umumnya, bayi mendapatkan gigi depan bawahnya (gigi seri pusat) terlebih dahulu. Terkadang gigi meledak sedikit rusak. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan.
Pengaturan waktu

Ketika datang untuk tumbuh gigi, setiap bayi berbeda. Beberapa bayi mungkin tumbuh gigi sedini 4 hingga 7 bulan, sementara yang lain mendapatkan gigi pertama mereka lebih dekat ke 9 bulan, atau kadang-kadang tidak sampai setelah mereka berusia 1 tahun. Kadang-kadang, bayi dapat dilahirkan dengan satu atau lebih gigi. Genetika dapat memainkan peran besar. Jika Anda atau pasangan Anda mendapatkan gigi bayi Anda lebih awal, kemungkinan besar anak Anda akan melakukannya.

Meskipun ada perbedaan dalam erupsi, ada garis waktu umum yang perlu diingat. Bayi Anda akan mendapatkan gigi bawahnya di setiap kategori terlebih dahulu sebelum gigi dari kategori yang berbeda pada garis gusi yang sama. Garis waktu berikut menunjukkan kira-kira kapan kebanyakan bayi mendapatkan gigi utama mereka.
Usia Gigi
6-10 bulan insisivus sentral bawah
8-12 bulan gigi seri atas sentral
9-13 bulan insisivus lateral atas
10-16 bulan bagian bawah gigi seri lateral
13-19 bulan molar pertama di atas mulut
14-18 bulan geraham pertama di bagian bawah
16-22 bulan gigi taring atas
17-23 bulan gigi taring bawah
23-31 bulan gigi geraham kedua di dasar mulut
Molar kedua 25-33 bulan di atas

Salah satu cara untuk melacak erupsi gigi adalah dengan mencari gigi baru setiap empat bulan setelah bayi Anda mulai mendapatkan mereka. Sebagai contoh, jika gigi-geligi sentral bawah datang dalam 6 bulan, maka Anda harus mengharapkan untuk melihat gigi seri atas datang sekitar empat bulan kemudian.
Bagaimana Mengetahui Apakah Ada Sesuatu yang Salah

Mungkin yang lebih penting daripada urutan gigi persis bayi Anda adalah jarak dan pencegahan penyakit. Karena gigi bayi lebih kecil dari gigi permanen, seharusnya ada banyak ruang di antara mereka untuk memungkinkan ruang di masa depan. Anak-anak cenderung mendapatkan gigi permanen mereka di sekitar usia 6 tahun, dimulai dengan gigi seri sentral bawah. Jika Anda khawatir gigi bayi Anda terlalu berdekatan, Anda harus membicarakan hal ini dengan dokter gigi anak.

Masalah lainnya adalah kerusakan gigi. Sayangnya, gigi bayi memiliki risiko kerusakan yang lebih tinggi. Ini dapat menyebabkan komplikasi, seperti:

    kehilangan gigi dini
    infeksi
    selulitis (infeksi yang terjadi dan menyebar di bawah kulit)
    gingivitis (penyakit gusi)
    bintik-bintik kuning atau coklat pada gigi
    kesulitan menyusui
    gigi berlubang
    harga diri yang rendah

Masalah tumbuh gigi cenderung paling sering terjadi pada bayi yang lahir prematur, serta mereka yang tidak memiliki akses kesehatan yang memadai. AAP merekomendasikan untuk menghubungi dokter gigi jika bayi Anda belum mengalami erupsi gigi pada usia 18 bulan. Semua bayi harus mulai memeriksakan diri ke dokter gigi segera setelah ulang tahun pertama mereka.
The Takeaway

Gigi sulung bayi Anda akhirnya akan diganti dengan gigi permanen ("dewasa"), tetapi itu tidak berarti Anda harus mengabaikan keadaan gigi bayinya. Memastikan gigi anak Anda masuk dengan benar dan berkembang dengan sehat dapat memastikan kesehatan mulut yang tepat di masa depan.

Jika ada yang tidak beres dengan gigi bayi Anda, sebaiknya lakukan kesalahan di samping hati-hati dan hubungi dokter gigi anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar