Kapan Bayi Mulai Tertawa?

Tahun pertama bayi Anda dipenuhi dengan semua jenis acara yang mengesankan, dari makan makanan padat hingga mengambil langkah pertama. Setiap "pertama" dalam kehidupan bayi Anda adalah tonggak sejarah. Setiap tonggak merupakan peluang bagi Anda untuk memastikan anak Anda tumbuh dan berkembang seperti yang diharapkan.

Tertawa adalah tonggak yang luar biasa untuk dicapai. Tertawa adalah cara bayi Anda berkomunikasi yang dapat Anda pahami. Itu adalah tanda bahwa bayi Anda waspada, tertarik, dan bahagia.

Baca terus untuk mengetahui garis waktu rata-rata bagi bayi untuk mulai tertawa dan apa yang dapat Anda lakukan jika mereka melewatkan tonggak ini.
Kapan sebaiknya bayi Anda mulai tertawa?

Sebagian besar bayi akan mulai tertawa sekitar tiga atau empat bulan. Namun, jangan khawatir jika bayi Anda tidak tertawa pada empat bulan. Setiap bayi berbeda. Beberapa bayi akan tertawa lebih awal dari yang lain.
4 cara untuk membuat bayi Anda tertawa

Tawa pertama bayi Anda mungkin terjadi ketika Anda mencium perut mereka, membuat suara lucu, atau memantulkan mereka ke atas dan ke bawah. Ada juga teknik lain untuk menarik tawa dari si kecil.
1. Suara lucu

Bayi Anda dapat merespons suara yang muncul atau ciuman, suara melengking, atau meniup bibir Anda bersama-sama. Isyarat pendengaran ini sering lebih menarik daripada suara normal.
2. Sentuhan lembut

Menggelitik cahaya atau meniup lembut kulit bayi Anda adalah sensasi yang menyenangkan dan berbeda bagi mereka. Mencium tangan atau kaki mereka, atau "meniup raspberry" di perut mereka dapat menimbulkan tawa juga.
3. Noisemakers

Benda-benda di lingkungan bayi Anda, seperti ritsleting atau bel, mungkin tampak lucu bagi bayi Anda. Anda tidak akan tahu apa ini sampai bayi Anda tertawa, tetapi coba gunakan pembuat kebisingan yang berbeda untuk melihat apa yang membuat mereka tertawa.
4. Permainan yang menyenangkan

Peek-a-boo adalah permainan hebat untuk dimainkan ketika anak-anak mulai tertawa. Anda dapat bermain mengintip-a-boo dengan bayi Anda pada usia berapa pun, tetapi mereka mungkin tidak merespons dengan tertawa sampai mereka empat sampai enam bulan. Pada usia ini, bayi mulai belajar tentang "kelekatan objek," atau pemahaman bahwa sesuatu ada bahkan ketika Anda tidak melihatnya.
Jika mereka melewatkan tonggak sejarah

Menurut banyak penanda tonggak, bayi biasanya tertawa antara bulan tiga dan empat. Jika bulan keempat datang dan pergi dan bayi Anda masih belum tertawa, tidak perlu khawatir.

Beberapa bayi lebih serius dan tidak tertawa atau berkotek sama seperti bayi lainnya. Ini mungkin baik-baik saja, terutama jika semua mereka memenuhi tonggak perkembangan lainnya.

Fokus pada seluruh rangkaian tonggak yang sesuai usia, bukan hanya satu. Namun, jika bayi Anda belum mencapai beberapa tonggak dalam perkembangannya, ada baiknya berbicara dengan dokter anak mereka.

 Bicaralah dengan dokter bayi Anda

Jika Anda khawatir anak Anda tidak tertawa atau memenuhi pencapaian lainnya, bawalah hal ini di kunjungan kesehatan bayi Anda yang berikutnya. Sebagai bagian dari kunjungan, dokter Anda mungkin akan bertanya tentang semua tonggak yang akan dijumpai bayi Anda.

Jika tidak, pastikan untuk menyertakan detail ini dalam percakapan Anda.

Dari sana, Anda berdua dapat memutuskan apakah Anda ingin menonton dan menunggu perkembangan di masa mendatang atau jika Anda ingin dokter bayi Anda merekomendasikan evaluasi lebih lanjut. Mungkin ada terapi untuk membantu bayi Anda berkembang lebih cepat dengan anak-anak lain seusianya.
Bawa pulang

Tertawa adalah tonggak yang menarik untuk diraih. Tertawa adalah cara bagi bayi Anda untuk berkomunikasi dengan Anda. Tetapi ingat bahwa setiap bayi itu unik, dan mereka berkembang dengan kecepatan yang unik bagi mereka. Tolak membandingkan anak Anda dengan anak Anda yang lain atau anak lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar