Babinski Sign

Refleks Babinski, atau refleks plantar, adalah refleks kaki yang terjadi secara alami pada bayi dan anak kecil sampai mereka berusia sekitar 6 bulan hingga 2 tahun. Refleks ini biasanya diuji oleh dokter dengan membelai telapak kaki. Ketika jempol kaki menekuk ke atas dan kembali ke bagian atas kaki sementara empat jari kaki lainnya menyebar dari satu sama lain, itu disebut tanda Babinski.

Refleks ini pertama kali ditemukan dan dinamai oleh ahli saraf Prancis Joseph Babinski. Dia menggambarkannya dalam laporan yang diterbitkan pada tahun 1896. Tanda Babinski telah menjadi alat penting yang digunakan oleh dokter dan dokter anak. Mereka menggunakannya untuk memastikan bahwa aktivitas otak orang dewasa dan anak-anak, respons neurologis, dan aktivitas saraf adalah normal dan tidak menunjukkan kelainan apa pun yang mendasarinya di otak atau sistem saraf.

Refleks ini sering diuji di samping refleks alami lainnya yang dimiliki bayi selama masa bayi. Tes refleks lainnya termasuk:

    refleks akar, di mana dokter menggosokkan jari di sudut mulut bayi untuk melihat apakah bayi secara refleks menggerakkan kepala ke arah membelai untuk mencari puting atau botol untuk makan
    hisap refleks, di mana dokter menyentuh atap mulut bayi untuk melihat apakah bayi mulai mengisap jari seolah-olah menyusui pada puting atau botol
    pegang refleks, di mana dokter menggosokkan jari di telapak tangan bayi untuk melihat apakah bayi secara refleks membungkus jari-jari mereka dengan erat di sekitar jari dokter

Bayi tidak memiliki kontrol penuh atas sistem saraf mereka, sehingga refleks ini umum dan menunjukkan fungsi neurologis yang sehat. Ketika anak-anak tumbuh, mereka mendapatkan kendali yang lebih baik atas sistem saraf mereka. Akibatnya, refleks Babinski dan refleks umum lainnya terlihat pada masa bayi menghilang.

Refleks Babinski mungkin normal pada anak-anak hingga usia 2 tahun. Kadang-kadang bisa berakhir setelah 12 bulan. Jika tanda Babinski masih terlihat di luar itu, itu mungkin menunjukkan masalah neurologis. Refleks Babinski tidak pernah menjadi temuan normal pada orang dewasa.
Bagaimana cara pengujiannya?

Untuk menguji tanda Babinski, dokter Anda akan menggunakan objek, seperti palu refleks atau kunci, untuk membelai bagian bawah kaki Anda dari tumit hingga jempol kaki Anda. Dokter Anda mungkin menggores objek secara kasar di bagian bawah kaki Anda, sehingga Anda mungkin merasakan sedikit ketidaknyamanan atau geli. Dibutuhkan latihan untuk melakukan tes Babinski dengan benar, dan mungkin tampak palsu positif atau negatif jika tidak dilakukan dengan benar.
Kapan tanda Babinski normal?

Pada anak yang lebih muda dari 2 tahun, jempol kaki harus menekuk ke atas dan ke belakang ke arah atas kaki Anda sementara empat jari kaki lainnya keluar. Tanggapan ini normal dan tidak menunjukkan masalah atau kelainan apa pun.

Pada anak yang lebih tua dari 2 tahun atau pada orang dewasa, tanda Babinski seharusnya tidak ada. Kelima jari kaki harus melenturkan, atau melengkung ke bawah, seolah-olah mereka mencoba meraih sesuatu. Jika tes ini dilakukan pada anak yang lebih tua dari 2 atau orang dewasa dan jari-jari kaki merespon seperti anak-anak di bawah dua tahun, ini dapat menunjukkan masalah neurologis yang mendasarinya.
Kapan tanda Babinski tidak normal?

Pada anak di bawah 2 tahun yang lahir dengan cacat intelektual atau kondisi mental lainnya, refleks Babinski dapat diadakan untuk jangka waktu yang sangat lama. Pada anak di bawah 1-2 tahun yang lahir dengan kondisi apa pun yang menyebabkan spastisitas (kejang otot dan kekakuan), refleks Babinski mungkin tampak lemah ketika dokter mengelus kaki bayi atau mungkin tidak terjadi sama sekali.

Pada orang dewasa atau anak-anak di atas 2 tahun, tanda Babinski positif terjadi ketika jempol kaki menekuk ke atas dan kembali ke bagian atas kaki dan jari-jari kaki lainnya keluar. Ini dapat berarti bahwa Anda mungkin memiliki sistem saraf atau kondisi otak mendasar yang menyebabkan refleks Anda bereaksi secara tidak normal.
Kondisi itu bisa memengaruhi tanda Babinski

Refleks Babinski menunjukkan fungsi neurologis yang khas pada anak-anak di bawah 1–2 tahun.

Jika refleks Babinski, atau tanda Babinski positif, terjadi pada anak-anak di atas 2 atau pada orang dewasa. Ini dapat menunjukkan kondisi neurologis yang mendasarinya, gangguan sistem saraf, atau gangguan otak. Ini termasuk:

    lesi neuron motorik atas
    cerebral palsy
    stroke
    cedera otak atau tumor otak
    Tumor atau cedera sumsum tulang belakang
    multiple sclerosis (MS)
    meningitis

Pandangan

Mendapatkan fisik tahunan untuk Anda dan anak Anda adalah cara terbaik untuk secara teratur menguji refleks Anda untuk memastikan bahwa fungsi saraf dan syaraf Anda normal.

Jika anak Anda lebih muda dari 1 tetapi tidak memiliki refleks Babinski yang normal, tanyakan kepada dokter Anda apakah mereka harus diuji untuk kondisi neurologis yang mendasarinya. Dokter Anda dapat merujuk anak Anda ke spesialis yang dapat memeriksa otak dan sistem syaraf lebih dekat.

Beberapa kondisi pada anak-anak yang dapat menyebabkan refleks Babinski abnormal tidak dapat disembuhkan. Ini termasuk cacat intelektual dan cerebral palsy. Namun, Anda dapat mengatasi kondisi ini dengan memperlakukan gejala mereka lebih awal dan membuat pilihan gaya hidup yang tepat.

Pada orang dewasa dengan tanda Babinski positif, pengujian lebih lanjut untuk kondisi neurologis atau kejadian seperti stroke mungkin diperlukan untuk membedakan apa yang menyebabkan refleks abnormal. Dalam kasus cedera otak, tumor, atau kondisi serupa lainnya, Anda mungkin perlu mencari pemeriksaan lebih lanjut oleh seorang spesialis. Anda mungkin juga memerlukan pembedahan untuk mengatasi penyebab refleks abnormal. Ini dapat membantu mencegah komplikasi dan memastikan Anda tetap sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar